Tiga Pose Yoga, Ampuh Meredakan Nyeri Haid

Haid merupakan hal yang normal bagi para perempuan usia subur, haid atau menstruasi menunjukkan organ reproduksi berfungsi dengan baik. Namun, salah satu gejala yang muncul sebelum atau ketika haid adalah nyeri haid yang kadang sangat mengganggu. Berikut tips pose dan gerakan yoga untuk meredakan nyeri haid. 

Benarkah Yoga Bisa Meredakan Nyeri Haid? 

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang terkenal bisa membantu meredakan nyeri haid. Journal of Pediatric and Adolescent Gynecology melansir, uji klinis pada 92 perempuan usia 18-22 tahun dengan intervensi gaya yoga cobra, cat, dan fish pada fase luteal atau sekitar  hari ke 15-28 efektif meredakan dan mengurangi durasi nyeri haid. 

pose yoga untuk atasi nyeri haid
Foto: Freepik.com

Hasil studi lain dari Journal of Midwifery & Women’s Health, 2018. Dari beberapa studi, menyertakan semua pose yoga menunjukkan yoga mampu meningkatkan kualitas hidup wanita dengan dismenore primer, mencakup gejala PMS, seperti nyeri haid dan perasaan negatif. 

Selain itu, studi lain meta analisis dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice, dari 230 orang yang membandingkan efek program yoga terhadap nyeri haid,  menunjukkan yoga efektif mengurangi nyeri haid pada perempuan dengan dismenore primer atau nyeri haid tanpa sebab penyakit tertentu

Pose dan Gerakan Yoga untuk Meredakan Nyeri Haid

Yoga bisa jadi cara alami tanpa obat untuk mengurangi nyeri haid. Yoga memiliki beragam pose yang melibatkan postur tubuh, teknik pernapasan, dan ketenangan pikiran, berikut tiga contoh pose dan gerakan yang bisa kamu coba setiap hari sebelum haid.

Cat Cow Pose

Pose ini memang mirip postur kucing dan sapi yang berdiri. Jadi, kedua telapak tangan dan lutut dibuka sejajar bahu, posisinya menempel pada lantai atau matras, kemudian inhale atau tarik napas sambil angkat kepala menghadap ke atas dan dorong punggung ke bawah tanpa mengubah cat cow pose.

gerakan yoga
Foto: Freepik.com

Setelah itu, exhale atau buang napas dengan arah kepala menghadap ke bawah sambil mendorong punggung ke arah atas. Proses inhale-exhale ini semacam peregangan punggung dan perlu diulang hingga 5 kali. 

Butterfly Pose

Butterfly pose atau Baddha Konasana merupakan gerakan yoga mirip duduk bersila. Namun, caranya bukan duduk menumpuk kaki, tetapi duduk dengan  menyatukan kedua telapak kaki, postur tubuh tegap, kedua tangan memegang ujung kedua kaki. 

Kemudian, lakukan inhale dan exhale 5 kali. Ketika inhale, dorong dada ke depan dan dorong paha ke bawah. Ketika exhale, rilekskan tubuh. Jika bisa, masih dengan butterfly pose, dorong tubuh bagian atas ke arah lantai sambil melakukan inhale dan exhale. 

Cobra Pose

Lakukan gerakan cobra pose dengan posisi tidur tengkurap, kemudian tekuk kedua tangan posisikan sejajar dengan dada, kemudian angkat dada dan pertahankan posisi. Lakukan inhale dan exhale sebanyak 3-5 kali. Ketika melakukan pose ini, tangan harus tetap menekuk dengan posisi siku rapat pada tubuh. 

Dari tiga gerakan tersebut, ada pose yang pernah Sahabat Sehat coba? Yoga memang efektif meredakan nyeri haid. Namun, bisa jadi memiliki efek yang berbeda pada setiap orang, kondisi kesehatan sangat personal, ada kemungkinan nyeri haid karena kondisi patologis. Jadi, apabila nyeri haid parah jangan ragu untuk periksa ke dokter ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Kim, S. D. (2019). Yoga for menstrual pain in primary dysmenorrhea: A meta-analysis of randomized controlled trials. Complementary therapies in clinical practice, 36, 94-99. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1744388119300945. Diakses 15 Juni 2023.

McGovern, C. E., & Cheung, C. (2018). Yoga and quality of life in women with primary dysmenorrhea: a systematic review. Journal of midwifery & women’s health, 63(4), 470-482. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/jmwh.12729. Diakses 15 Juni 2023. 

Rakhshaee, Z. (2011). Effect of three yoga poses (cobra, cat and fish poses) in women with primary dysmenorrhea: a randomized clinical trial. Journal of pediatric and adolescent gynecology, 24(4), 192-196. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S108331881100060X. Diakses 15 Juni 2023.

SKWAD Fitness. 2017. Cara Mengurangi Sakit Ketika Menstruasi dengan Yoga. https://youtu.be/kB96HXtDkrs. Diakses 15 Juni 2023

About the Author

Putri Yulianingtyas

Lulusan Diploma Tiga Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *