Mengapa Sebaiknya Makan dan Minum Sambil Duduk?

Sahabat Sehat pernah ngga ketika lagi terburu waktu atau ada hal lain sehingga terpaksa untuk makan dan minum dengan berdiri? Kalau tidak memungkinkan untuk duduk sesekali mungkin masih oke, tapi jika sudah menjadi kebiasaan, selain dirasa kurang sopan juga mempengaruhi kesehatan loh, Sahabat Sehat! Apa aja kah itu? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

makan sambil berdiri
Foto: Freepik.com

Risiko Tersedak

Makan dan minum sambil berdiri bisa memperbesar risiko tersedak. Apalagi jika kamu sambil keburu-buru. Mengunyah makanan mungkin tidak benar-benar hingga halus. Secara fokus pun tidak pada aktivitas makan jika sedang keburu-buru. Berbeda jika saat duduk, risiko tersedak semakin rendah. Saat duduk, kamu akan memberikan fokus pada aktivitas makan dan minum.

Tidak Tenang

Saat berdiri, tubuh manusia berada dalam keadaan tegang karena organ keseimbangan di pusat saraf bekerja keras untuk mempertahankan stabilnya semua otot. Sehingga membuat tubuh sulit mencapai ketenangan saat makan atau duduk. Saat duduk, sistem saraf cenderung lebih tenang dan tidak tegang, yang memungkinkan sistem pencernaan menjadi lebih siap menerima makanan dan minuman.

Menghambat Peyerapan Zat Gizi

Jika kamu berdiri, makanan dan minuman masuk dengan tekanan yang menyebabkan tubuh kesulitan dalam menyerap zat gizi. Ketika berdiri sistem syaraf dan otot bekerja bersama untuk berdiri dengan stabil dan sempurna, sehingga sistem pencernaan belum begitu siap menerima makanan dan minuman. Apabila kamu duduk, tubuh bisa lebih fokus dalam tugas pencernaan, sehingga penyerapan zat gizi bisa nberlangsung lebih baik.

minum air
Foto: Freepik.com

Masalah pada Sistem Pencernaan

Makan dan minum sambil berdiri secara terus-menerus dapat memiliki dampak negatif pada sistem pencernaan. Makan atau minum sambil berdiri dapat meningkatkan tekanan pada dinding usus dan lambung, sehingga dapat mempengaruhi aliran makanan dan cairan pada saluran pencernaan. Luarannya tentu akan membuat proses pencernaan menjadi kurang efisien. Efek ini tergantung pada individu, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan kebiasaan dari setiap individu.

Makan dan minum adalah aktivitas yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga penting sekali menciptakan kondisi makan dan minum dengan tepat. Semoga info di atas bisa menjadi modal pemahaman bagi Sahabat Sehat supaya muncul kesadaran bahwa makan dan minum sambil berdiri tidak dianjurkan.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *