Duta Ekonomi

Workshop Inovasi Pengolahan Hasil Perikanan, Saatnya Palopo Kembangkan Kuliner Khas dari Ikan Tuna

PALOPO — Workshop Inovasi Pengolahan Produksi Hasil Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan digelar Dinas Perikanan Kota Palopo, pada Jumat 16 November 2018.

Dalam sambutan Ketua Tim TP PKK Kota Palopo Hj. Utiasari Judas menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan emas bagi ibu-ibu rumah tangga utamanya ibu-ibu PKK  untuk menimba ilmu tentang bagaimana meningkatkan kualitas pengolahan hasil perikanan seperti abon tuna atau cakalang, mulai dari rasanya, dan bisa menghasilkan produk-produk kuliner seperti roti abon dan lemper/gogos abon, dimana kita bisa mengutamakan menjaga kebersihan rumah produksi dan di sekelilingnya, ke depan saya harap, ibu-ibu juga bisa melakukan kegiatan positif ini, ucap Utiasari,

Sedangkan dalam laporan Kepala Dinas Perikanan Ilham SE MSi, mengatakan, kegiatan ini sengaja menghadirkan ibu Ketua TP PKK Kota Palopo Hj.Utia Sari Judas dan kelompok UMKM Kota Palopo agar kegiatan ini tepat sasaran, karena PKK menjadi tulang punggung perekonomian di masing-masing industri rumah tangga, sehingga UKM dapat tumbuh di rumah-rumah dengan memproduksi olahan tuna atau cakalang yang bahan bakunya banyak di kota Palopo. Dengan demikian, kata Ilham, UMKM juga membantu pemerintah mengatasi pengangguran.

“Program kegiatan ini sejalan dengan program Bapak Walikota Palopo yakni “Siapa Mau, Bekerja Apa”, dalam kegiatan ini merupakan kegiatan dari Provinsi Sulawesi Selatan dan salah satunya diadakan di kota Palopo, ini adalah kegiatan angkatan pertama, karena Palopo begitu pesat berkembang karena merupakan bagian dari planning pengembangan pariwisata bersama Tana Toraja yang destinasinya begitu pesat sehingga hasil olahan ini bisa menjadi oleh-oleh turis baik domestik maupun mancanegara, tambahnya.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Palopo Hj. Utiasari Judas, Kepala Dinas Perikanan Ilham SE MSi, Prof. Sudirman dari Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Darma Wanita Kota Palopo Hj. Noermayuni, ibu-ibu PKK Kota Palopo dan kelompok UMKM Kota Palopo.(***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top