Nasional

Sidak ke Lapas Ala Ombudsman RI Tak Temukan Sesuatu Seperti di Acara Mata Najwa?

JAKARTA — Ombudsman Republik Indonesia melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas Sukamiskin Bandung. Dari sidak itu, pihak Ombudsman mendapati kamar mantan Ketua DPR Setya Novanto berukuran lebih besar dari kamar narapidana lainnya.

Sidak dilakukan oleh Ombudsman RI yang dipimpin anggota Ombudsman Ninik Rahayu pada Kamis (13/9/2018) malam. Ninik didampingi 12 orang anggota Ombudsman lainnya.

“Ada kamar yang lebih luas. Itu dihuni oleh Pak Setya Novanto, memang lebih luas. Kalau ditanya ukuran bingung, pokoknya dua kali lipat,” ucap Ninik di kantor Kemenkum HAM Kanwil Jawa Barat, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jumat (14/9/2018).

Meski lebih luas, Ninik menyebut tidak ada fasilitas mewah yang ada di kamar narapidana kasus korupsi e-KTP itu. Dia mengaku tak menemukan barang mewah di kamar tersebut.

“Fasilitas televisi enggak ada. Hanya ukuran kamar saja. Kalau klosetnya yang duduk dong,” kata Ninik.

Ditanya soal nomor kamar yang dihuni Novanto, Ninik mengaku tak sempat melihat. Namun dia memastikan kamar ditempati Novanto berbeda dengan yang terlihat dalam tayangan Mata Najwa yang saat itu ikut sidak bersama Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami.

“Enggak, beda,” ucap Ninik.

Dugaan sel palsu Novanto terungkap saat Ditjen PAS Kemenkum HAM Jabar melakukan sidak di Lapas Sukamiskin, beberapa waktu lalu. Najwa Shihab yang turut ikut dalam sidak, menemukan kejanggalan saat mendatangi sel nomor 29 yang ditempati Novanto.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top