Duta Daerah

Serentak di Nusantara, BPTD Sulsel-Bar Galakkan Sipantas Jalan

MAKASSAR – Gerakan Nasional Aksi Bersih-Bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan (Sipantas Jalan) yang dipelopori Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada hari ini, Selasa(13/8).

Kegiatan ini dilakukan secara serentak di 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) diseluruh Indonesia, selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

BPTD Wilayah XIX Sulsel-Bar bekerjasama dengan Ditlantas POLDA Sulsel, Dishub Provinsi Sulsel, Dishub Kota Makassar, Jasa Raharja serta Aliansi Driver Online Individu Makassar memulai kegiatan Apel di Fly Over, Jl. A.P. Pettarani Makassar.

Kepala BPTD XIX Sulsel-Bar, Supriyo Adi Pracoyo dalam arahannya mengatakan kegiatan ini (Sipantas Jalan-red) baru kali ini dilaksanakan dan hari ini secara serentak, tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat diantaranya menimbulkan kepedulian kita semua terhadap perlengkapan jalan baik itu rambu lalu lintas, delineator, guardrail dan lain-lain.

Menurut Adi sapaan akrabnya, perlengkapan jalan sangat bermanfaat bagi keselamatan pengguna jalan karena memberikan peringatan, petunjuk, arah, bahkan larangan dengan kata lain instruksi kepada pengguna jalan.

Adi mengingatkan sebagai petugas, salah satu tugasnya ialah mengoptimalkan fungsi-fungsi dari perlengkapan jalan, “Walaupun sangat sederhana dengan menggunakan alat seadanya tapi memberikan dampak maksimal bagi keselamatan pengguna jalan”. Kata Mantan Kepala BPTD XVII Sultra ini.

Sementara itu, Moja perwakilan dari Aliansi Driver Online Individu Makassar mengakui dalam mendukung aksi ini mereka menurunkan 15 orang untuk turut serta menjaga kebersihan perlengkapan jalan. “Mudah-mudahan kita dapat terus bersinergi, bekerjasama dengan Pemerintah agar dapat mensupport kegiatan ini, karena kita semua adalah pengguna jalan,” tutupnya.

Sipantas dilakukan di Wilayah Kota Makassar pada ruas Jalan Nasional, diantaranya sepanjang Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Urip Sumiharjo dan Jl.Bawakaraeng. Tim dibagi 3 dan terdiri dari seluruh instansi terkait.

(JNN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top