Duta Daerah

Sekretaris JOIN Gentayangan di Toraja Utara, Ini yang Dilakukan

RANTEPAO  –  Perusahaan startup berpusat di Palopo, Al-Store.co.id, menyasar Kabupaten Toraja Utara (Torut).

Start-up berbasis market place ini memperkenalkan sistem layanan jual beli online Al-Store.co.id kepada pelaku UKM di Toraja Utara.

Presentasi itu dilakukan di hadapan para pelaku UKM, yang difasilitasi Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Toraja Utara, Kamis 15 Agustus 2019, di Kompleks Kantor Gabungan Dinas di Pasang Lambe Lembang Tondon Kecamatan Tondon, Torut.

Kadis Perindustrian Koperasi dan UMKM Torut, Tolla’ Pongsinaran SPd, dalam sambutannya menyambut baik kedatangan Al-Store.

“Ini adalah tugas kami dalam mengembangkan produk UKM di Torut ini. Kita berharap ini menambah pengetahuan kita dalam pengembangan UKM kita,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, tugasnya dalam pengembangan produk UKM terus dilakukan. Saat ini, telah ada menerima bantuan dari Pemprov Sulsel untuk pengembangan usaha mereka.

Acara yang dipandu Sekdis Perindustrian Koperasi dan UMKM
Drs Joni Palentek ini diharapkan pelaku UKM lebih mudah untuk go online.

Founder Market Place Al-Store, Sudirman Saputra, dalam pemaparannya, menjelaskan, lewat layanan Al-Store, memudahkan pelaku UKM dalam pengembangan usahanya.

“Produk yang dijual lewat Al-Store, akan dibantu mempromosikan secara gratis. Pendaftaran bagi pelaku UKM yang ingin bergabung juga secara gratis,” jelasnya.

Ia menjelaskan, market place Al-Store ini memang dibuat khusus UKM. Lewat tagline Market Place Ramah UMKM ini, diharapkan jangkauan produk UKM mampu lebih luas lagi.

“Transaksi lewat Al-Store ini, juga dijamin aman. Sebab dalam transaksi, sistem ini menggunakan rekening bersama. Jika produk yang dibeli tidak sampai ke pembeli, maka uang itu akan dikembalikan ke pembeli. Namun jika barang sudah diterima dan sesuai yang dipesan, barulah dana itu dikirim ke penjual,” terangnya.

Bagi yang ingin bergabung di Al-Store, bisa langsung mendaftar di website atau lewat download di Play store.

“Jika masih belum paham pendaftaran, penjual atau pelaku UKM bisa menghubungi admin Al-Store, yang siap membantu membimbing pelaku UKM,” jelasnya.

Selain layanan pemasaran produk, management Al-Store juga siap memberikan bimbingan dan pendampingan legalitas produk dan pengembangan produk, seperti persoalan packaging.

Seperti pendampingan mengurus P-IRT, BPOM, dan beberapa aspek legalitas, hingga bagaimana mendapatkan akses modal di perbankan.

(JNN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top