Duta Daerah

Ribuan Umat Muslim Salat Idul Adha di Lapangan Pancasila Palopo

PALOPO — Ribuan umat muslim kota Palopo hari ini, Ahad 11 Agustus 2019 atau 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah.

Beberapa tempat ibadah umat muslim di kota idaman Palopo  terlihat dipenuhi warga begitupun lapangan sebagai tempat pelaksanaan Idul Adha.

Di kawasan lapangan Pancasila Palopo, Jln Andi Baso Rahim Kelurahan Tompotika Wara, ribuan umat muslim sejak pukul 06.30 Wita sudah berbondong-bondong ke icon kuliner kota Palopo itu.

Diawali pembacaan jumlah hewan qurban oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) kota Palopo prosesi ibadah Idul Adha pun dimulai dilanjutkan dengan pidato seragam Walikota Palopo HM Judas Amir yang kali ini dibacakan Sekretaris Daerah Jamaluddin Nuhung.

Kata Judas Amir, dalam ibadah qurban ada nilai-nilai kemanusiaan dan sosial kemasyarakatan karena setiap qurban memberi kita simbol hubungan baik ke sesama manusia sekaligus kepada Allah SWT Sang Pencipta.

Selain ibadah dengan berqurban Idul Adha juga ditandai dengan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah dengan wukuf di Padang Arafah tepat hari ini sebagai puncak ibadah menunaikan kewajiban ibadah haji.

Selain itu, kata Walikota dalam sambutan seragam tersebut, disampaikan bahwa Idul Adha 1440 H tahun ini dilaksanakan berdekatan dengan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan RI ke 74, sehingga merupakan nikmat yang wajib kita syukuri.

Sekda Jamaluddin Nuhung dalam kesempatan itu juga, selaku pribadi mengucapkan selamat Idul Adha sambil memohon pamit, dan meminta maaf pada warga kota Palopo karena pada bulan Desember nanti akan Purna Bhakti.

Ibadah pelaksanaan Idul Adha di Lap. Pancasila kemudian dirangkaikan dengan salat id dua rakaat dan khutbah yang disampaikan oleh Khatib Drs Usman S.Ag yang juga Kepala Kantor  KementerianAgama Kota Palopo.

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top