sport

PSM Makassar Tekuk Lao Toyota FC 7-3 di Pakansari Bogor

BOGOR — PSM Makassar berhasil mengganyang Lao Toyota FC 7-3 saat laga kedua Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (13/3).

Kemenangan besar ini menjadi modal pertama bagi PSM di Piala AFC, setelah sebelumnya hanya bermain seri dengan Home United 1-1 di Singapura.

Tim Juku Eja unggul lebih dahulu 1-0 melalui gol Wiljan Pluim pada menit ke-12.

Namun, dua menit berselang Lao Toyota menyamakan skor lewat gol Kazuo Homma. Bola tendangan striker asal Jepang itu mengenai kaki Aaron Evans dan mengecoh Rivki Mokodompit.

Dikutip dari CNN Indonesia, pada menit ke-21, PSM kembali unggul atas Lao Toyota di laga ini. Tendangan keras Zulham dari dalam kotak penalti tidak bisa diantisipasi Nammakhot sekaligus mengubah skor menjadi 2-1.

Jelang akhir babak pertama, PSM mendapatkan hadiah penalti setelah Bayu Gatra dilanggar di dalam kotak penalti. Sayang, Marc Klok yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya karena tendangannya bisa dibaca Nammakhoth. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, PSM semakin leluasa melancarkan serangan ke pertahanan Lao Toyota. Setelah dua peluang dari Eero Markanen dan Zulham gagal berujung gol, Pluim berhasil mencetak gol keduanya di laga ini.

Menerima umpan Zulham, gelandang serang asal Belanda itu dengan tenang mengecoh satu pemain Lao Toyota sebelum membobol gawang Nammakhoth. Skor pun berubah menjadi 3-1.

Markkanen akhirnya menempatkan namanya di papan skor setelah membuang beberapa peluang emas pada menit ke-61. Sundulannya usai menerima umpan Taufik Hidayat dari sisi kiri penyerangan mengubah skor menjadi 4-1.

Pada menit ke-70, Markkanen mencetak gol keduanya di laga ini. Tendangannya dari dalam kotak penalti menggetarkan gawang Lao Toyota dan membuat skor berubah menjadi 5-1.

Namun, Lao Toyota tidak menyerah meski tertinggal empat gol. Rafael pun berhasil memperkecil skor menjadi 2-5 lewat tendangan jarak jauh yang bersarang ke pojok kanan gawang PSM.

PSM belum puas walau sudah unggul 5-2 atas Lao Toyota. Ferdinand Sinaga yang baru dimasukkan di pertengahan babak kedua ikut menyumbangkan gol untuk Juku Eja. Tendangannya dari jarak dekat meluncur dengan mulus ke gawang Lao Toyota.

Enam menit jelang laga usai, Klok membayar lunas kegagalannya mencetak gol dari titik penalti di babak pertama. Tendangan jarak jauh Klok membobol gawang Lao Toyota dan membuat skor menjadi 7-2.

Pada masa injury time, Lao Toyota berhasil memperkecil skor menjadi 3-7. Homma mencetak gol keduanya ke gawang PSM setelah tendangannya dari dalam kotak penalti tidak bisa dihalau Rivky. Skor 7-3 untuk kemenangan PSM bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat PSM berhasil meraih kemenangan pertama setelah di laga pertama bermain imbang 1-1 melawan wakil Singapura, Home United. PSM saat ini berada di peringkat kedua dengan meraih empat poin, sementara Lao Toyota berada di posisi juru kunci.

Susunan Pemain

PSM Makassar (4-2-3-1): Rivki Mokodompit; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Taufik Hidayat; Muhammad Arfan, Marc Klok; Bayu Gatra, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun; Eero Markkanen

Lao Toyota (4-4-1-1): Outthilath Nammakhoth; Saison Khounsamnan, Thipphachanh Inthavong, Ketsada Souksavanh, Sayfa Aphideth; Somsavath Sophabmixay, Manolom Phetphakdy, Victor Amaro, Rafael; Soma Otani; Kazuo Homma

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top