Duta Luwu Utara

Program Bedah Rumah di Luwu Utara Alami Peningkatan

Rongkong — Program Bedah Rumah Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Luwu Utara kini sudah memasuki tahun kedua. Dibanding tahun pertama sebanyak 165 unit, Program Bedah Rumah di tahun kedua mengalami peningkatan, yakni sebanyak 214 unit yang tersebar di seluruh kecamatan.

Program Bedah Rumah ini menyentuh masyarakat hingga ke pelosok-pelosok daerah terpencil. Salah satunya Desa Marampa Kecamatan Rongkong. Salah seorang penerima bantuan bedah rumah yang beruntung mendapatkan bantuan, Munni (60 thn), tak kuasa menahan tangis ketika Bupati Indah Putri Indriani menemuinya baru-baru ini.

Tak banyak yang ia ucapkan selain bersyukur kepada Tuhan, dan berterima kasih kepada pemerintah, khususnya kepada Bupati Luwu Utara. Pasalnya, sejak hidup seorang diri pasca sang suami meninggal, ia menikmati usia senjanya di rumah atau hunian yang asri dan nyaman, bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara.

Munni mempunyai seorang anak angkat yang kini telah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). Sang anak angkat ini pula yang menjaga Munni sehari-hari. Bupati Indah Putri Indriani menemui penerima bantuan bedah rumah di desa Marampa ini saat menghadiri program inovatif Semalam di Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Bagaimana respon Bupati? Orang nomor satu di Lutra ini merasa terharu, bangga dan bahagia melihat rumah Munni yang sudah memiliki rumah yang asri dan nyaman, sehingga ia bisa hidup tenang bersama anak angkatnya. Indah Putri mengatakan, program bedah rumah selalu diikutkan dengan pembangunan jamban demi sanitasi yang baik.

“Salah satu pekerjaan rumah kita adalah bagaimana mewujudkan target SDG’s 100 – 0 – 100, yaitu 100% sanitasi, 0% pemukiman kumuh, dan 100% air bersih,” terang Bupati perempuan pertama di Sulsel ini. Saat peninjauan bedah rumah, Indah didampingi Kadis Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), Anugerah M. Ali Anwar. (HMS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top