Duta Luwu Utara

Pemda Luwu Utara Siapkan Warkop bagi Para Inovator

Masamba — Jika Anda ke Kantor Bupati Luwu Utara dan menemukan “Warkop Indah” di salah satu sudut ruangan Setkretariat Daerah (Setda), maka mampirlah dan rasakan sensasi yang ditawarkan dalam ruangan tersebut. Warkop ini lebih dari sekadar warkop. Warkop ini tidak hanya dirancang sebagai tempat ngopi bagi penikmat kopi, tetapi warkop ini juga dirancang sebagai wadah diskusi, tempat bertukar pikiran atau sharing pendapat, dalam rangka melahirkan ide dan gagasan untuk kemajuan daerah Kabupaten Luwu Utara.

Kenapa kemudian dikatakan lebih dari sekadar warkop? Karena sesungguhnya Warkop Indah adalah akronim dari Warung Koordinasi dan Pembangunan Inovasi Daerah. Warkop Indah digagas, berangkat dari gerakan One Agency One Innovation, yang diinisiasi KemenPAN RB dalam rangka percepatan peningkatan pelayanan publik di masing-masing Pemerintah Daerah. Di mana setiap Pemda harus menciptakan satu inovasi utama setiap tahun. Mengingat ekspektasi masyarakat yang terus meningkat seiring perkembangan teknologi-informasi.

Pemda Luwu Utara pun merespon cepat apa yang tengah digerakkan KemenPAN RB, dengan mendirikan Warkop Indah. Warkop ini resmi beroperasi pada Senin 15 Oktober 2018 kemarin yang ditandai dengan digelarnya acara syukuran Warkop Indah. Bupati Indah Putri Indriani hadir dalam acara syukuran tersebut. “Tempat ini dirancang buat ngumpul-ngumpul santai sambil ngopi. Bisa makan-makan, diskusi dan berpikir sembari merancang inovasi daerah. Semoga warkop ini bermanfaat bagi kita semua,” harap Indah di sela-sela acara syukuran.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Arief R. Palallo, mengatakan, Warkop Indah adalah starting point bagi seluruh calon inovator untuk merancang inovasi di masing-masing Perangkat Daerah. “Ini semacam starting point, atau langkah awal bagi teman-teman calon inovator untuk melahirkan ide dan gagasannya demi mendorong percepatan pelayanan publik di masing-masing Perangkat Daerah,” terang Arief.

Kepala Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur, Muhammad Hadi, mengatakan, Warkop Indah dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan budaya kerja inovasi di masing-masing Perangkat Daerah. Hadi berharap, dengan adanya Warkop Indah, tercipta sebuah inovasi di setiap Perangkat Daerah, termasuk BUMD. “Kita berharap, setiap Perangkat Daerah nantinya dapat melahirkan satu inovasi setiap tahunnya. Pelaksanaan Warkop Indah ini juga kita perkuat dengan regulasi berupa Peraturan Bupati,” tandas Hadi. (LH/HMS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top