Duta Luwu Utara

Pantau Tes Seleksi CPNS, Ini Harapan Sekda Luwu Utara

Palopo — Peserta seleksi CPNS asal Kabupaten Luwu Utara mendapat kesempatan pertama melaksanakan tes dengan tiga sesi, Rabu (31/10/2018). Seleksi ini dilaksanakan di Gedung Kesenian Kota Palopo.

Proses seleksi CPNS berlangsung ketat. Peserta harus melalui dua kali pemeriksaan atau body check. Pemeriksaan pertama dilakukan oleh Panitia Seleksi Kabupaten (BKPSDM) dan pemeriksaan kedua oleh Panitia Seleksi Nasional (BKN), dibantu petugas kepolisian dengan menggunakan metal detector.

Sebelum pemeriksaan, peserta harus melalui proses registrasi dengan membawa kartu tes dan KTP. Barang-barang lain seperti ponsel, ikat pinggang, dompet, pulpen, jam tangan, gelang, rantai, dan yang lainnya harus ditanggalkan dan diamankan petugas Satpol PP. Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Abdul Mahfud, mengakui betapa ketatnya proses seleksi CPNS. “Pelaksanaan tes kali ini agak ketat karena betul-betul tidak boleh membawa apa-apa, kecuali kartu tes dan KTP,” ujar Mahfud saat diberi kesempatan memberikan arahan kepada para peserta di gedung Kesenian.

Abdul Mahfud berharap agar peserta betul-betul konsentrasi dan fokus dalam menjawab soal demi soal. “Jangan lupa baca soalnya baik-baik, dan jangan lupa berdoa sebelum menjawab soal,” harapnya. “Semoga hasilnya nanti bisa di atas passing grade yang sudah ditentukan,” jelas mantan Kepala Dinas Pertanian ini.

Dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), ada passing grade atau nilai ambang batas yang harus dipenuhi peserta untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya, dengan tiga aspek yang diuji, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Nilai passing grade TKP 143, TIU (80), dan TWK (75).

“Kami doakan semoga semuanya sehat dan bisa menjawab soal sesuai kemampuan. Dan semoga bisa di atas passing grade yang telah dipersyaratkan,” pungkas Mahfud. Pelaksanaan tes perdana seleksi CPNS ini juga dihadiri Dandim 1403/Sawerigading, Kepala BKPSDM Luwu Utara Nursalim Ramli, Kadis Kominfo Luwu Utara Arief R. Palallo, serta Kabag Hukum dan Perundang-undangan Sofyan Hamid. (LH/HMS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top