Duta Ekonomi

Mega Plaza Beri Tempat Produk UMKM di Bagian Depan

PALOPO — Kalau sebelumnya Mega Plaza hanya menerima produk UMKM Palopo, ke depan ritel modern tersebut menyiapkan space khusus. Di situ, semua produk lokal disatukan agar mudah dilihat atau diakses oleh pengunjung.

Hal tersebut diungkapkan Manajer Mega Plaza, Hardy ST SIP MM seperti ditulis Palopo Pos, Kamis, 25 Oktober 2018 kemarin.

Menurutnya, pemberian space khusus untuk produk UMKM sebagai respon atas saran Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUMK) Palopo, Karno SSos kepada manajemen Mega Plaza agar menyiapkan space khusus produk lokal UMKM.

”Mega Plaza siapkan space atau tempat khusus UMKM. Dan Dinas Koperasi selaku pembina UMKM bisa menyiapkan display khusus sekalian branding image Dinas Koperasi di Mega Plaza untuk pemasaran UMKM-nya,” jelas Hardy.

Dengan demikian, maka produk lokal UMKM Palopo yang dimasukkan ke Mega Plaza, tidak lagi bercampur dengan produk lain yang sudah memiliki brand ternama. ”Jadi ada tempat tersendiri khusus untuk produk UMKM,” katanya lagi.

Wacana space khusus produk UMKM di ritel modern mengemuka saat Bimtek Membangun Kemitraan dan Memasarkan Produk di Ritel Modern yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Diskop-UKM) Palopo bekerjasama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Palopo di Aula Diskop, Senin (22/10) lalu.

Di Palopo ini, kata Kadis KUMK, ratusan produk lokal yang dihasilkan pelaku UMKM Kota Palopo. Namun umumnya terkendala dalam pemasaran, apalagi dimasukkan di ritel modern, sangatlah susah. Kemudian, salah seorang pelaku UMKM juga menyampaikan uneg-unegnya. Sebelum lebaran lalu, ia memasukkan kue kering di Mega Plaza. Mungkin karena tempatnya di pajang bagian belakang sehingga kurang laku.

Makanya ibu tersebut bertanya, bisakah produk yang dimasukkan pelaku UMKM Palopo di Mega Plaza, agar dipajang di rak atau space bagian depan atau tempat khusus yang mudah dilihat pengunjung.(***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top