Duta Luwu Utara

Kunjungi Benteng Rotterdam, Cara Indah Ingat Sejarah

Makassar — Libur Lebaran hampir usai, tapi di pengujung liburan ini masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisinya dengan berbagai kegiatan. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, pun tak ingin melewatkan momentum tersebut. Ia bersama keluarganya mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Makassar pada 7 Juni 2019 kemarin.

Salah satu destinasi bersejarah yang ia kunjungi, Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam. Bersama suami, Muhammad Fauzi, dan kedua putrinya, Sarah dan Naurah, Bupati beralias IDP ini mengelilingi benteng yang terletak di Jalan Ujung Pandang Nomor 1, Makassar. Tak satu pun spot bersejerah di benteng tersebut yang ia lewatkan.

Sebut saja penjara bawah tanah, museum La Galigo, kapal Pinisi, bagang perahu, bendi, dan beberapa spot bersejarah lainnya. “Wisata sejarah ini penting karena kita tidak ingin melupakan sejarah,” kata Bupati Indah Putri Indriani yang menyebut kunjungannya bersama keluarga ke Benteng Rotterdam adalah bagian dari Wisata Sejarah.

IDP mengatakan, Fort Rotterdam telah banyak menyimpan kekayaan masa lalu, termasuk kearifan lokal yang dimiliki Sulsel. Salah satunya adalah soal hari-hari baik untuk turun ke sawah yang menjadi pedoman petani turun menggarap sawah. “Wisata sejarah ini mengantarkan kami menyaksikan keabadian warisan leluhur kita,” terang IDP.

Fort Rotterdam dikenal juga sebagai Benteng Ujung Pandang. Letaknya di Jalan Ujung Pandang No 1, Makassar. Benteng Fort Rotterdam dibangun pada 1545 oleh Raja ke-9 Gowa yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ Kallonna. Para pengunjung bisa belajar banyak tentang sejarah Makassar di Fort Rotterdam.

(LH/HMS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top