Duta Ekonomi

Bisnis Laundry, Peluang Usaha yang Banyak Dilirik Generasi Zaman Now

Sekarang adalah jamannya semua serba pakai gadget, apalagi buat kaum millenial  yang hampir disemua kebutuhannya tinggal klik “order” di gadget mereka. Dari urusan makan, minum, kebutuhan sehari-hari sampai ke hal laundry. Apalagi buat kamu sekarang yang sekolah diluar kota dan disibukkan dengan tugas sekolah yang numpuk, para karyawan yang harus lembur setiap harinya, ibu rumah tangga yang sibuk mengurus anak dan bisnis rumahnya, Laundry menjadi salah satu solusi yang dilakukan buat mengurangi beban bagi mereka ini.

Nah ini adalah kesempatan emas buat kaum millenial sekarang biar gak cuma main gadget aja tapi juga bisa bikin usaha lewat gadget. Apalagi sekarang udah ada media sosial yang bisa diandalkan contohnya lewat Instagram, Line, WhatsApp ataupun media yang lainnya. Dari media sosial tersebut kamu bisa dapat pelanggan juga lo, cukup upload foto hasil laundry lalu klik “post” dan selesai. Nggak cuma itu, kamu juga bisa broadcast informasi tentang jasa Laundry mu lewat WhatsApp atau Line mudah bukan ?

Modalnya cuma gitu doang? Yang pastinya nggak, ada beberapa hal juga yang harus kamu siapin. Tapi disini kamu nggak perlu beli Franchise Laundry yang lagi terkenal kok, cukup buat jasa laundry rumahan yang kualitasnya nggak kalah sama merk Laundry terkenal. Nah, gimana kalau kita intip dulu yuk apa aja sih yang disiapin ?

1.      Peralatan Cuci Menyuci dari mulai Mesin Cuci, Setrika sampai Pewangi. Jangan lupa untuk menghitung berapa banyak yang diperlukan agar semua pelangganmu teratasi.

Modal utama dari Jasa Laundry adalah mesin cuci, kamu bisa menggunakan mesin cuci yang kamu gunakan di rumah. Tapi jangan lupa kamu juga harus tau berapa daya tampung dari mesin cucinya agar kamu bisa mentargetkan berapa kilo pakaian yang harus kamu laundry setiap harinya. Hal ini akan membantu kamu dalam menghitung penggunaan air dan listrik yang digunakan supaya nggak terlalu rugi banyak.

2.      Karyawan,  buat kaum millenial yang nggak mau ribet ini bisa jadi opsi selain kamu harus ngerjain laundrymu sendirian.

Ngerjain usaha Laundrymu sendiri mungkin terlalu melelahkan bagi kaum millenial yang notabene “anti ribet”, kamu bisa merekrut beberapa temanmu atau beberapa orang disekitar lingkunganmu untuk berpatisipasi. Ini sangat membantumu agar pekerjaan terselesaikan dengan cepat dan tepat.

3.      Beri nama dan tagline “unik” untuk Jasa Laundrymu, biar tetep teringat dihati para pelanggan.

Nama yang unik akan membuat pelangganmu tertarik dan terus mengingatnya dengan baik. Oleh karena itu, pastikan mencari nama yang menarik, siapa tau cinta dari pelangganmu dimulai dari situ. Untuk hal kayak gini, kaum millenial nih jagonya.

4.      Manajemen pengelolaan Laundry, jangan sampai Pelangganmu melarikan diri karena hal ini.

Nah loh! Pastikan manajemen pengelolaan laundrymu sudah tersusun rapi biar nggak terjadi hal-hal sepele kayak baju tertukar, baju hilang dan yang lainnya. Apalagi buat kaum millenial yang seringkali masih ceroboh, hal ini harus diperhatikanya! Karena itu, kamu bisa mensiasatinya dengan memberi tanda disetiap box atau keranjang laundry pelangganmu. Hati – hati ya gaess.

5.      Manjakan Pelangganmu layaknya Ratu Semalam

Supaya pelangganmu tetep kecantol, kamu bisa ngelakuin beberapa hal unik yang bisa manjain pelangganmu, misalnya :

·   Kamu nambahin jasa antar-jemput tumpukan laundry pelangganmu. Hal ini nih yang dicari dijaman sekarang yang semuanya minta serba cepet dan praktis,  apalagi pelangganmu yang disibukkan dengan urusan pekerjaan, ini bisa jadi poin lebih jasa laundrymu Loh!.

·   Kayak yang udah dibahas sebelumnya, kamu bisa promosiin jasa laundrymu di sosial media loh gaes! Ini yang bikin pelangganmu jadi lebih mudah nyari informasi tentang jasa laundrymu. Pekerjaan wajibnya anak kaum millenial nih. 🙂

·    Nah ini poin penting dari kata “Manjain Pelanggan” adalah “Voucher Discount”. Kamu bisa beberapa kali ngadain “Month of Voucher Discount” biar pelangganmu seneng dengan kualitas jasa laundrymu yang nggak kalah sama Laundry terkenal lainnya. Pasti nih emak-emak pada baris depan sendiri kalo gini caranya. ?

Bagaimana, udah siap belum kamu para Millenial buat buka usaha laundrynya? Atau udah terpikirkan buat ide-ide unik di usaha laundrymu? Kutunggu usahamu yaah?

Sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top